Jumat, 14 Agustus 2009

menjemput cakrawala di surya kencana






Kmrn lewat fb saia baru ajja gabung di group pecinta gunung gede & pendaki indonesia. Entah kenapa sejak lama saia selalu tertarik dengan sesuatu yang berbau kegiatan alam dan lingkungan sosial. Sebenarnya hanya ingin "bernostalgila" + menilik lagi esensi apa yang didapat ketika benar-benar berada di alam milikNya--hutan dan gunung. 

Kira2 4 bulan yang lalu untuk pertama kalinya saia akhirnya berkesempatan untuk mencoba hal yang sejak lama ingin dilakukan..yaitu hiking,,waktu kmrn sih ke gede-pangrango. Waktu itu kita berangkat jam 11 malem trus nyampe jalur gunung putri jam 3 pagi. Berhubung itu pertama kalinya dan saia ga ngerti apaun ttg persiapan pendakian,,jadi ga ada istilah streching/warming up dulu..dan ketika baru berjalan kira2 1 km ajja udh berasa sesak napas haha..  Tapi setelah beberapa jam akhirnya saia mulai terbiasa dengan kotor,rasa sakit, beban berat,pkoknya hal2 apapun yang mungkin biasanya buat hati dan mulut ini ngedumel+ngoceh2 ga jelas. Tapi kali itu perjalanan terasa begitu menantang dan menyenangkan..yang ada di mindset waktu itu cuma mw cepet2 smpe atas dan ngerasain sensasi hebatnya

Salah satu penyebab yang ga pernah bikin saia bosen dan selalu semangat waktu itu adalah semangat itu sendiri yang dengan ramahnya dan ga bosen2nya ditularkan oleh sesama pendaki--walaupun baru kenal atau kita ga kenal sama sekali. Itu sebenernya yg bikin saya selalu salut sama org2 dan perkumpulan semacam ini. Mereka ga pernah membeda2kan perlakuan ke temen deketnya ataupun "saudara" sesama pendaki mereka. Pernah waktu itu saya baru turun gunung--beneran baru turun dari puncaknya gede..eeeh saia ketinggalan sama ka2 penanggung jawab di kelompok saia,,dan kami-saya dan sofi temen saya-akhirnya terus jalan ngikutin ajja jalur yang keliatan banyak pendakinya. Ketika baru bebrapa langkah ajja kita udah dipanggil2 sama mas2 pendaki,dia bilang kita disuruh jalan pelan2 ajja biar bareng sama rombongannya dia..yang bikin salutnya dia masih nawari kita permen,minum dan segala macem makanan yang bisa ngembaliin vitalitas tubuh. Suasana kekeluargaan dan persaudaraan tuh emang kental bgt klo kita udah disana dan sama mereka--ga peduli kenal atw ga

Trus hal yang udh pasti saia dapetin disana adalah keindahan panoramanya...subhanallah..betapa kecilnya kita jika sudah berada di surga duniaNya. Pertama kali yang bisa saia lakukan ketika tiba di surya kencana yaaa cuma menitikkan airmata. Gimana enggak,,setelah 4-5 jam jalan tanpa henti-kecuali buat shalat-akhirnya sampai juga di suatu tempat yang ga pernah dibayangin sebelumnya. Indah..indah banget,,suasana awalnya sih agak mistis karena sepanjang area depan surya kencana yang ada cuma padang ilalang yang ditenga2nya jalan setapak,eidelweis dipinggir2nya sama beberapa batu mirip batu nisan yang terhampar di kanan kiri jalan. Tapi begitu udah nemu banyak tenda2 dan ngeliat gunung gede dan pangrango dari deket..subhanallah deh..emg cuma bisa nangis smpe bengong sambil mikir "bener ga sih yg gw liat saat ini??"

Tapi masih ada satu dan lain hal sih yang bikin saia merasa agak miris melihatnya..ternyata tidak semua pendaki adalah pecinta alam..atau bahkan sebagian besar dari mereka hanya penikmat alam yang bisanya cuma jalan2 tapi ga pernah bertanggung jawab dengan kerusakan lingkungan yang mereka buat. Buktinya ajja nih saia masih ngeliat-klo ga bisa dibilang banyak mungkin beberapa-bungkus permen,bekas kopi sachetan, bungkus indomie dan sampah2 makanan lainnya. Kata senior2 yang udah sering mendaki gede pangrango dari tahun ke tahunnya sih banyak banget perubahan dari segi ekologi bahkan ekosistem hutan dan gunungnya sendiri. Kata mereka sekarang eidelweis udah banyak bgt berkurang..padahal klo yg saia lihat dari foto2 di group mereka-dulu itu populasi eidelweis bisa mencapai hampir ke tengah jalan di surya kencana.

Itu sebenarnya salah satu hal yang seharusnya kita cermati dengan baik-sebagai pecinta alam ataupun pemuda indonesia umumnya-.  Cuma negara indonesia yang mempunyai gunung, hutan, laut, flora dan fauna yang terbanyak dan terlengkap di dunia. Jadi jika semua itu kita rusak atau tidak terpelihara dengan baik..akankah itu nantinya hanya menjadi legenda untuk anak cucu kita?? 

Bangkitlah pemuda Indonesia

Bangkitlah harapan bangsa

Karena hanya disini kita bisa menemukan arti persahabatan, rasa persaudaraan, rasa kesatuan dan cinta terhadap Tuhan...

3 komentar:

  1. hahahaha tiwi....tiwi...
    lucu banget c lo ampe ketinggalan gt...
    untung ga kaya nak UGM..alhamdulillah..

    wew... salut ma lo,, jarang banget orang Indonesia yang memperhatikan lingkungan..

    tiw email yang lo pake di blogger paan c?? mu edit settingan blog ni gw.. thanks ^_^

    BalasHapus
  2. email gw : gokiil21@rocketmail.com

    yang ajarin gw nyeting blog dong..biar ga monoton nii tampilannya

    BalasHapus
  3. lihat di blog gw tiw....gw da masukin tutorial cara taruh shoutbox,,yang lainnya nyusul...okayh???!!

    BalasHapus