Minggu, 23 Agustus 2009

Indonesiaku..Indonesiamu


Hampir seminggu pasca perayaan 64 tahun kemerdekaan Indonesia.. Tapi ngerasa ga sih klo ga ada progres tentang hal-hal yang berbau kebangsaan di Indonesia??bagus klo masih ada yang merasa tidak..tapi saia pribadi masih iya. Tiba-tiba jadi pengen nulis tentang Indonesia begitu denger lagu merah putihnya saykoji.. Terharu ajja denger lirik2nya,

Berakhirnya orde baru dan berganti dengan reformasi sebenarnya merupakn tantangan  tersendiri bagi bangsa Indonesia. Di zaman ini kebebasan berpendapat lebih terbuka lebar,,tapi yang lebih terlihat saat ini adalah euforia yang kebablasan. Saya kira ini sangatlah wajar karena dulu kita terlalu dibatasi dan cenderung berada di dalam tekanan. Menyamakan berbagai persepsi untuk menjadi sebuah tujuan nasional di zaman ini memang tidak mudah, sesuai dengan perkataan soekarno "Perjuanganku sekarang mudah karena melawan penjajah, namun perjuanganmu kedepan lebih sulit karena memerangi bangsamu sendiri". 

Meskipun udah 64 tahun katanya Indonesia MERDEKA,,namun berita2 tentang kemiskinan, tidak terpenuhinya hak2 azasi manusia, penjualan aset2 negara, perang antar suku, terorisme, kekerasan tehadap warga indonesia di luar negeri hingga keinginan suatu wilayah untuk memisahkan diri dari Indonesia masih eksis beredar di media2 cetak maupun elektronik. Pertanyaannya adalah sudahkah kita berbuat sesuatu untuk meminimalisir ini??

Disini rasa nasionalisme kita mesti dipertanyakan kembali. Berdasar data yang dihimpun oleh harian kompas, hanya ada 6 peserta UN SMA di Indonesia untuk tahun 2009 yang mendapat nilai 10 untuk pelajaran bahasa indonesia! Miris kah Anda? Kita malah lebih merasa bangga bila menggunakan istilah2/kalimat2 dengan bahasa asing dibandingkan dengan bahasa persatuan kita sendiri. Padahal negara lain saja contohnya "malingsia" malah repot2 melegalkan hasil rampokan produk kebudayaan kita agar bisa diakui sebagai bagian dari kebudayaan negaranya. Lha kok kita malah bangga sama kebudayaan luar.. Bukankah negeri kita sudah amat kaya??Lalu pertanyaan2 lain semisal..Ada berapa banyak sih lagu wajib nasional yang masih kita hafal?? masih inget ga pembukaan UUD Dasar yang memuat tujuan negara?? atau yang paling sederhana ajja masih hafal ga' lagu kebangsaan Indonesia Raya dan isi Pancasila dasar negara?? Bagi anak sekolah yang masih usia wajib belajar pastinya hafal dong yaa..kan tiap upacara dibacain,,kebangetan klo nggak! Tapi sebenarnya bukan cuma itu yang harus kita lakukan sebagai generasi muda. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengisi semangat kemerdekaan. Misalnya,berprestasi dibidang akademik--jadi juara olimpiade..klo yang suka olahraga bisa jadi atlet nasional yang sering dapet kejuaraan, jadi duta lingkungan--ikut greenpiece indonesia,jadi relawan PMI..pokoknya ngelakuin sebanyak mungkin hal positif lah minimal untuk diri sendiri.  Jangan bisanya cuma dengerin musik2 lembek yang cengeng atau nonton acara reality show yang kebanyakan skenario.. Katanya kan cuma pemuda yang bisa merubah dunia.. klo istilahnya  mahasiswa, agent of change untuk masyarakat. Ga ada kata terlambat untuk memulai suatu perubahan kan??

Hidup Rakyat Indonesia!!

Garuda didadaku dibalut semangat merah putihmu..

Karena Indonesiaku adalah Indonesiamu..

MERDEKA!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar